hiveminer.com
Seperti di hampir semua negara, pada umumnya sistem transportasi di Jerman dibedakan menjadi dua yaitu transportasi umum dan pribadi. Secara khusus, sistem transportasi di Jerman dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan mobilitas manusia yang efisien dan aman, tetapi juga mempertimbangkan lingkungan dan kenyamanan dan mencegah kemacetan.


1.   Transportasi Umum
Kereta
Selain pesawat dan kapal, Jerman memiliki sistem transportasi yang menjadi andalan sebagian besar masyarakat di Jerman. Dalam hal ini yaitu kereta baik kereta antar kota, dalam kota dan kereta antar negara. Deutsche Bahn (DB) adalah operator perkeretaapian milik pemerintah di Jerman. Selain karena aman, nyaman dan modern, alat transportasi unggulan ini juga memiliki sistem angkutan yang cepat. Kereta ICE (InterCityExpress) misalnya. Kereta ini menghubungkan antar kota dengan kecepatan sampai 300 km/jam.
railwaypro.com
Kereta di sini memiliki jalur bawah tanah yang disebut U-Bahn. Meskipun beberapa kereta lainnya seperti S-Bahn juga memiliki jalur bawah tanah. Dari kota besar dan sebagian besar kota kecil memiliki halte untuk kereta.

Bus
rnz.de
Selain kereta, hampir di setiap 500 meter dalam kota bisa ditemui Bus haltestelle yang dilengkapi dengan jadwal perjalanan bus. Itu artinya transportasi umum di sini sudah menjangkau setiap sudut daerah di Jerman. Orang begitu dipermudah untuk mencapai bus dan bus-bus tersebut dihubungkan secara langsung dengan jadwal kereta di setiap stasiun tujuannya.

Fernbus (Bus Jarak Jauh)
 
kleinzeitung.at
Selain kereta atau pesawat, alternatif lain untuk perjalanan jauh antar kota atau negara yaitu Fernbus (bus jarak jauh). Meskipun memakan waktu lama, tapi harga tiket bus-bus ini sangat murah, misalnya perjalanan kami dari Stuttgart ke Zurich pada Sommer lalu hanya dibayar dengan harga 17€ atau setara dengan 250 ribu rupiah. Selain harganya murah, fasilitas dan kenyamanan perjalanan dengan bus-bus ini juga sangat dijamin. Tempat duduk yang nyaman, Wifi, meja dan tempat cars misalnya dilengkapi di setiap tempat duduk. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan toilet. Dalam hal ini kepuasan penumpang menjadi perhatian dalam pelayanan ini.

Jadwal Perjalanan
iphone-ticker.de
Baik kereta dan bus, memiliki jadwal perjalanan dengan ketepatan waktu yang presisi. Misalnya di jadwal tertera 07:06, maka tepat pukul 07:06 kereta atau bus itu berangkat. Dalam waktu-waktu tertentu, jika terjadi keterlambatan, maka akan diinformasikan sebelumnya. Jadwal kereta dan bus juga bisa diakses melalui internet. Orang-orang juga bisa men-download aplikasi untuk koneksi informasi jadwal kereta dan bus. Termasuk jika ada keterlambatan atau perubahan, informasi tersebut langsung bisa diterima secara online oleh calon penumpang.

Tiket
istockphoto.com
Pembelian tiket bisa dilakukan secara langsung di mesin otomat pembelian tiket, tapi juga secara online. Secara waktu, ada beberapa perbedaan tiket untuk transportasi umum seperti tiket sekali jalan, tiket harian, mingguan, bulanan atau juga tahunan. Untuk student misalnya, tiket dijual dengan sangat murah.
Kontrol tiket di sini berbeda dengan negara-negara lain. Kecuali bus, pengecekan tiket di sini tidak dilakukan sebelum penumpang menaiki kereta. Kontrol hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu oleh petugas yang kadang-kadang melamar menjadi penumpang biasa. Kontrol tersebut tidak dijadwalkan, dalam hal ini mereka melakukannya secara mendadak. Yang saya tangkap dari metode ini yaitu rasa kepercayaan diletakkan tinggi kepada masyarakat.
Baik transportasi dalam kota maupun lintas kota menyediakan fasilitas dan kemudahan bagi individu-individu yang memiliki keterbatasan fisik, misalnya tuna netra. Di setiap sarana transportasi juga disediakan ‘spot’ yang diutamakan bagi penyandang keterbatasan fisik dan lansia.


1.   Transportasi Pribadi
Untuk transportasi pribadi dalam hal ini penggunaan mobil di Jerman, saya tidak begitu melihat penekanan pemerintah dalam hal meminimalisir pembelian mobil misalnya, tapi yang terlihat bahwa usaha pemerintah untuk meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi di sini. Orang boleh saja memiliki mobil tapi tidak berarti setiap aktivitas dilakukan dengan kendaraan pribadi. Pemandangan yang sering saya lihat, mobil pribadi sering hanya terparkir di garasi atau depan rumah. Kebanyakan orang juga menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, jika perjalanan hanya berjarak tidak lebih dari 1 km, orang cenderung memilih berjalan kaki.
Dalam hal ini penggunaan kendaraan pribadi hanya dilakukan pada kondisi tertentu di mana kendaraan umum atau berjalan kaki tidak begitu memungkinkan untuk kondisi tersebut. Meskipun sebenarnya di Jerman, kemacetan sangat jarang terlihat. Kemacetan hanya terjadi apabila ada perbaikan jalan, atau mungkin pembangunan di sekitar jalan. Tapi macet di sini mungkin tidak disebut macet jika dibandingkan dengan negara kita.

Pembuatan SIM
fahrschule.walch.de
Untuk bisa mengendarai mobil, orang harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Di Jerman, sistem pembuatan SIM dibuat sangat ketat. Dari biaya pembuatan sampai sekolah mengemudi yang membutuhkan waktu, kemampuan dan konsentrasi yang tinggi. Seperti yang saya sebutkan di atas, keamanan di sini sangat menjadi prioritas dalam sistem mobilitas di sini. Untuk bisa mendapatkan SIM, orang harus siap mengeluarkan biaya sekitar 2000€ atau sekitar 29 Juta Rupiah. Untuk belajar mengendara diperlukan waktu sekitar 3 bulan, ekstra latihan untuk pertolongan pertama dan ekstra ujian praktek. Untuk lulus saja, orang harus benar-benar berkendara dengan semua situasi jalan tanpa kesalahan. Selain praktek, ujian teori juga wajib dilakukan untuk mendapatkan SIM, dalam hal ini orang harus benar-benar menguasai aturan, sistem berkendara dengan berbagai kondisi dan situasi jalan dan lingkungan baru bisa dikatakan lulus. Tidak hanya itu, beberapa aturan lain lagi untuk mendapatkan SIM seperti dilarang mengkonsumsi alkohol selama masa training dll. Hal ini dilakukan karena pemerintah menyadari bagaimana keselamatan dalam berkendara sangat penting.

Sistem Parkir
azonline.de
Sistem parkir di negara ini juga diatur. Di kota-kota besar misalnya di setiap tempat parkir entah itu di jalan atau di dalam gedung parkir, diatur tarif parkir per jam. Di setiap sudut bisa ditemui mesin untuk membeli kartu parkir. Dan harga parkir di sini juga lumayan mahal. Mungkin ini salah satu kebijakan agar masyarakt lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum.
 
Lalu lintas kendaraan telah mempunyai sejarah panjang di Jerman, dengan jalan bebas hambatan pertama di dunia (Autobahn) dan mobil pertama di dunia dikembangkan dan diproduksi di Jerman. Prasarana transportasi seperti jalan raya memungkinkan mobilisasi yang optimal. Setiap beberapa tahun sekali, terlepas dari apakah ada kerusakan atau tidak pada prasarana transportasi seperti jalan raya maupun rel kereta, diadakan penggantian prasarana untuk memungkinkan prasarana transportasi yang optimal. Semua sistem yang disebutkan tadi adalah sistem dan layanan yang dibuat pemerintah untuk meningkatkan mobilitas yang aman, nyaman dan layak untuk masyarakat umumnya.
 
Pengadaan sistem dan sarana transportasi yang nyaman dan layak adalah bagian dari tanggungjawab pemerintah. Tapi dalam hal pengaplikasian, perawatan dan pengembangan sangat peran masyarakat dalam hal ini kesadaran dan keterlibatan masyarakat sebagai pengguna jasa sangat dibutuhkan. Itulah mungkin yang membedakan program yang baik di negara dengan masyarakat yang memiliki tingkat kesadaran rendah sering tidak berjalan.

By. Esther Lumintang