![]() |
hiveminer.com |
Seperti di
hampir semua negara, pada umumnya sistem transportasi di Jerman dibedakan
menjadi dua yaitu transportasi umum dan pribadi. Secara khusus, sistem transportasi
di Jerman dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan mobilitas manusia
yang efisien dan aman, tetapi juga mempertimbangkan lingkungan dan kenyamanan
dan mencegah kemacetan.
1.
Transportasi
Umum
Kereta
Selain
pesawat dan kapal, Jerman memiliki sistem transportasi yang menjadi andalan
sebagian besar masyarakat di Jerman. Dalam hal ini yaitu kereta baik kereta
antar kota, dalam kota dan kereta antar negara. Deutsche Bahn (DB) adalah
operator perkeretaapian milik pemerintah di Jerman. Selain karena aman, nyaman
dan modern, alat transportasi unggulan ini juga memiliki sistem angkutan yang
cepat. Kereta ICE (InterCityExpress) misalnya. Kereta ini menghubungkan antar
kota dengan kecepatan sampai 300 km/jam.
![]() |
railwaypro.com |
Kereta di
sini memiliki jalur bawah tanah yang disebut U-Bahn. Meskipun beberapa kereta
lainnya seperti S-Bahn juga memiliki jalur bawah tanah. Dari kota besar dan
sebagian besar kota kecil memiliki halte untuk kereta.
Bus
![]() |
rnz.de |
Selain
kereta, hampir di setiap 500 meter dalam kota bisa ditemui Bus haltestelle yang
dilengkapi dengan jadwal perjalanan bus. Itu artinya transportasi umum di sini
sudah menjangkau setiap sudut daerah di Jerman. Orang begitu dipermudah untuk
mencapai bus dan bus-bus tersebut dihubungkan secara langsung dengan jadwal
kereta di setiap stasiun tujuannya.
Fernbus (Bus Jarak Jauh)
Selain kereta
atau pesawat, alternatif lain untuk perjalanan jauh antar kota atau negara
yaitu Fernbus (bus jarak jauh). Meskipun memakan waktu lama, tapi harga tiket
bus-bus ini sangat murah, misalnya perjalanan kami dari Stuttgart ke Zurich
pada Sommer lalu hanya dibayar dengan harga 17€ atau setara dengan 250 ribu rupiah. Selain
harganya murah, fasilitas dan kenyamanan perjalanan dengan bus-bus ini juga sangat dijamin. Tempat duduk yang nyaman, Wifi, meja dan tempat cars
misalnya dilengkapi di setiap tempat duduk. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan toilet. Dalam hal ini kepuasan penumpang menjadi perhatian dalam pelayanan ini.
Jadwal Perjalanan
![]() |
iphone-ticker.de |
Baik kereta
dan bus, memiliki jadwal perjalanan dengan ketepatan waktu yang presisi.
Misalnya di jadwal tertera 07:06, maka tepat pukul 07:06 kereta atau bus itu
berangkat. Dalam waktu-waktu tertentu, jika terjadi keterlambatan, maka akan
diinformasikan sebelumnya. Jadwal kereta dan bus juga bisa diakses melalui
internet. Orang-orang juga bisa men-download aplikasi untuk koneksi informasi
jadwal kereta dan bus. Termasuk jika ada keterlambatan atau perubahan,
informasi tersebut langsung bisa diterima secara online oleh calon penumpang.
Tiket
![]() |
istockphoto.com |
Pembelian
tiket bisa dilakukan secara langsung di mesin otomat pembelian tiket, tapi juga
secara online. Secara waktu, ada beberapa perbedaan tiket untuk transportasi
umum seperti tiket sekali jalan, tiket harian, mingguan, bulanan atau juga
tahunan. Untuk student misalnya, tiket dijual dengan sangat murah.
Kontrol tiket
di sini berbeda dengan negara-negara lain. Kecuali bus, pengecekan tiket di
sini tidak dilakukan sebelum penumpang menaiki kereta. Kontrol hanya dilakukan
di waktu-waktu tertentu oleh petugas yang kadang-kadang melamar menjadi
penumpang biasa. Kontrol tersebut tidak dijadwalkan, dalam hal ini mereka
melakukannya secara mendadak. Yang saya tangkap dari metode ini yaitu rasa
kepercayaan diletakkan tinggi kepada masyarakat.
Baik transportasi dalam kota maupun lintas kota menyediakan
fasilitas dan kemudahan bagi individu-individu yang memiliki keterbatasan
fisik, misalnya tuna netra. Di setiap sarana transportasi juga disediakan ‘spot’
yang diutamakan bagi penyandang keterbatasan fisik dan lansia.
1.
Transportasi
Pribadi
Untuk
transportasi pribadi dalam hal ini penggunaan mobil di Jerman, saya tidak
begitu melihat penekanan pemerintah dalam hal meminimalisir pembelian mobil
misalnya, tapi yang terlihat bahwa usaha pemerintah untuk meminimalisir
penggunaan kendaraan pribadi di sini. Orang boleh saja memiliki mobil tapi
tidak berarti setiap aktivitas dilakukan dengan kendaraan pribadi. Pemandangan
yang sering saya lihat, mobil pribadi sering hanya terparkir di garasi atau
depan rumah. Kebanyakan orang juga menggunakan sepeda sebagai alat
transportasi, jika perjalanan hanya berjarak tidak lebih dari 1 km, orang
cenderung memilih berjalan kaki.
Dalam hal ini
penggunaan kendaraan pribadi hanya dilakukan pada kondisi tertentu di mana
kendaraan umum atau berjalan kaki tidak begitu memungkinkan untuk kondisi
tersebut. Meskipun sebenarnya di Jerman, kemacetan sangat jarang terlihat.
Kemacetan hanya terjadi apabila ada perbaikan jalan, atau mungkin pembangunan
di sekitar jalan. Tapi macet di sini mungkin tidak disebut macet jika
dibandingkan dengan negara kita.
Pembuatan SIM
![]() |
fahrschule.walch.de |
Untuk bisa
mengendarai mobil, orang harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Di Jerman, sistem
pembuatan SIM dibuat sangat ketat. Dari biaya pembuatan sampai sekolah
mengemudi yang membutuhkan waktu, kemampuan dan konsentrasi yang tinggi.
Seperti yang saya sebutkan di atas, keamanan di sini sangat menjadi prioritas
dalam sistem mobilitas di sini. Untuk bisa mendapatkan SIM, orang harus siap
mengeluarkan biaya sekitar 2000€ atau sekitar 29 Juta Rupiah. Untuk belajar
mengendara diperlukan waktu sekitar 3 bulan, ekstra latihan untuk pertolongan
pertama dan ekstra ujian praktek. Untuk lulus saja, orang harus benar-benar
berkendara dengan semua situasi jalan tanpa kesalahan. Selain praktek, ujian
teori juga wajib dilakukan untuk mendapatkan SIM, dalam hal ini orang harus
benar-benar menguasai aturan, sistem berkendara dengan berbagai kondisi dan
situasi jalan dan lingkungan baru bisa dikatakan lulus. Tidak hanya itu,
beberapa aturan lain lagi untuk mendapatkan SIM seperti dilarang mengkonsumsi
alkohol selama masa training dll. Hal ini dilakukan karena pemerintah menyadari bagaimana keselamatan dalam berkendara sangat penting.
Sistem Parkir
![]() |
azonline.de |
Sistem parkir
di negara ini juga diatur. Di kota-kota besar misalnya di setiap tempat parkir
entah itu di jalan atau di dalam gedung parkir, diatur tarif parkir per jam. Di
setiap sudut bisa ditemui mesin untuk membeli kartu parkir. Dan harga parkir di
sini juga lumayan mahal. Mungkin ini salah satu kebijakan agar masyarakt lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum.
Lalu lintas
kendaraan telah mempunyai sejarah panjang di Jerman, dengan jalan bebas
hambatan pertama di dunia (Autobahn) dan mobil pertama di dunia dikembangkan dan diproduksi di Jerman. Prasarana transportasi seperti jalan raya memungkinkan
mobilisasi yang optimal. Setiap beberapa tahun sekali, terlepas dari apakah ada
kerusakan atau tidak pada prasarana transportasi seperti jalan raya maupun rel kereta, diadakan penggantian prasarana untuk memungkinkan prasarana
transportasi yang optimal. Semua sistem yang disebutkan tadi adalah sistem dan layanan yang dibuat pemerintah untuk meningkatkan mobilitas yang aman, nyaman dan layak untuk masyarakat umumnya.
Pengadaan sistem dan sarana transportasi yang nyaman dan
layak adalah bagian dari tanggungjawab pemerintah. Tapi dalam hal
pengaplikasian, perawatan dan pengembangan sangat peran masyarakat dalam hal
ini kesadaran dan keterlibatan masyarakat sebagai pengguna jasa sangat
dibutuhkan. Itulah mungkin yang membedakan program yang baik di negara dengan
masyarakat yang memiliki tingkat kesadaran rendah sering tidak berjalan.
By. Esther Lumintang
By. Esther Lumintang
0 Comments